Lapas Pasir Putih Nusakambangan Ikuti Rapat Fokus Grup Diskusi Bersama BNPT

    Lapas Pasir Putih Nusakambangan Ikuti Rapat Fokus Grup Diskusi Bersama BNPT
    Lapas Pasir Putih Nusakambangan Ikuti Rapat Fokus Grup Diskusi Bersama BNPT

    CILACAP - Dalam Rangka Asistensi Penempatan Narapidana Terorisme pada Level Maximum Security di Lapas Wilayah Nusakambangan, diadakannya diskusi atau rapat antara BNPT dan pihak pemasyarakatan yang menangani masalah narapidana terorisme yang ada di nusakambangan, Rabu (13/07/2022).

    Menindak lanjuti hal tersebut pihak BNPT dan juga beberapa UPT yang ada di Nusakambangan melakukan Focus Group Disscussion (FGD) Penyiapan Aparat Penegak Hukum Wilayah dalam Rangka Asistensi Penempatan Narapidana Terorisme pada Level Maximum Seurity di Wilayah Nusakambangan.

    Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa narasumber dari BNPT, antara lain Kombes Pol Hando Wibowo selaku Kasubdit Hubungan Antar Lembaga Aparat Penegak Hukum BNPT, Dr. Solahudin selaku Ahli Jaringan Terorisme, Gunawan Wibisono selaku Kasubdit Eksekusi dan Eksaminasi Dit TPTLN Kejagung, dan Muhammad Dwi Sarwono selaku Koordinator Intelijen dari Ditjenpas, serta perwakilan UPT dari nusakambangan, yaitu perwakilan dari Lapas Pasir Putih, Lapas Karanganyar, Lapas Batu, dan Bapas Nusakambangan, yang mana kegiatan tersebut digelar di Fave Hotel, Cilacap.

    Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, A. Yuspahrudin sangat mendukung dengan adanya kegiatan diskusi dengan pihak BNPT tersebut, sebagai langkah yang tepat untuk bisa memaksimalkan dalam penempatan narapidana terorisme pada Level Maximum Seurity di Wilayah Nusakambangan.

    INFORMAN.ID
    market.biz.id INFORMAN.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Sejalan dengan Kakanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Kepala Lembaga Pemasyarakatan High Risk Pasir Putih Nusakambangan, Fajar Nur Cahyono juga sangat setuju dengan adanya kegiatan diskusi tersebut.

    "Dalam pengisian dan penempatan narapidana terorisme pada level maximum security ini harus kita persiapkan secara matang-matang dengan pihak BNPT dan juga pihak lain yang terkait dalam hal ini", Ujar fajar.

    PERS.CO.ID
    market.biz.id PERS.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Kegiatan FGD berlangsung sangat dialogis dan interaktif, di mana kegiatan ini dimulai dan dibuka oleh Kombes Pol Hando Wibowo selaku Kasubdit Hubungan Antar Lembaga Aparat Penegak Hukum BNPT.

    Selain itu, narasumber dari akademisi jaringan terorisme, Solahudin juga memberikan statmennya yang menekankan bahwa suksesnya sistem revitalisasi napiter bergantung pada dua hal penting, yaitu kompetensi dan profesionalitas personil serta infrastruktur lapas yang memadai, Oleh karena itu diperlukan peningkatan SDM yang nantinya dapat ditugaskan di Lapas Super Maximum Security maupun Lapas Maximum Security dan juga peningkatan infrastruktur lapas yang memadai untuk kelancaran kegiatan di dalam lapas.

    SENATORINDONESIA.COM
    market.biz.id SENATORINDONESIA.COM
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Tujuan diadakan pertemuan ini adalah untuk menyukseskan program revitalisasi narapidana terorisme, khususnya di wilayah Nusakambangan, serta  dalam rangka mewujudkan sinergitas antara Aparat penegak Hukum Wilayah untuk menanggulangi overcrowded di rutan dengan konsep pembinaan di Pemasyarakatan sehingga proses distribusi / penempatan narapidana dan pola pembinaan bisa terencana dan diatur dengan baik sesuai dengan tingkat resiko narapidana.

    Namun dalam menjalankan tugas, lapas Super Maximum Security menemui kendala yang dihadapi diantaranya yaitu masalah overcrowded napiter, dimana selama ini para napiter tidak bisa dipindah ke lapas Maksimum karena terkendala syarat ikrar NKRI, Oleh sebab itu diperlukan revisi aturan terkait penempatan narapidana di lapas maximum security.

    UPDATES.CO.ID
    market.biz.id UPDATES.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Ikrar NKRI tidak menjadi syarat utama lagi, tetapi menggunakan metode disengagement dan deradikalisasi. Disengagement sendiri adalah proses seorang napiter/ekstrimis yang secara gagasan masih radikal tetapi dia sudah meninggalkan jalan kekerasan. Berbeda dengan deradikalisasi dimana seorang napiter sudah meninggalkan pemahaman ekstremnya dan jalan kekerasan.

    Dalam hal ini BNPT juga menekankan pengoptimalan koordinasi antar aparat penegak hukum terkait penempatan narapidana terorisme. Hal tersebut karena tindak pidana terorisme merupakan ancaman nyata sehingga dibutuhkan sinergitas yang intensif antar aparat penegak hukum dalam menanggulangi masalah terorisme ini.

    (N.Son/***)

    jawa tengah cilacap lapas pasir putih nusakambangan bapas nusakambangan bnpt kemenkumham jateng penanggulangan teroris lapas batu lapas karanganyar
    Narsono Son

    Narsono Son

    Artikel Sebelumnya

    Ulang Tahun Pasar Baru Bendagede Desa Sarwadadi...

    Artikel Berikutnya

    Ing Ngarso Sung Tuladha, Motivasi Seorang...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Syafruddin Adi

    Syafruddin Adi verified

    Postingan Bulan ini: 206

    Postingan Tahun ini: 3160

    Registered: Apr 8, 2021

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 156

    Postingan Tahun ini: 2326

    Registered: May 25, 2021

    Narsono Son

    Narsono Son verified

    Postingan Bulan ini: 88

    Postingan Tahun ini: 622

    Registered: Jul 9, 2020

    Siswandi

    Siswandi verified

    Postingan Bulan ini: 64

    Postingan Tahun ini: 714

    Registered: Jul 11, 2020

    Profle

    Narsono Son verified

    Ketua Terpilih IPKEMINDO Jateng, Wujudkan PK Berintegritas Untuk Indonesia Bangkit
    Berjuang Jadi Pejabat Keimigrasian, 7 ASN Kemenkumham Jateng Ikuti Ujian Tertulis
    Kakanwil Kemenkumham Jateng Ajak Jajarannya Sosialisasikan RKUHP
    Kakanwil Kemenkumham Jateng Kukuhkan 10 Guru Kekayaan Intelektual

    Rekomendasi

    Lapas Pasir Putih Kerjasama dengan Puskesmas Cilacap Selatan I Laksanakan Giat VCT Bagi WBP
    Berlangsung Sengit, Darul Amanah FA Kendal Raih Juara Ke-3 Liga Santri PSSI Piala Kasad Tingkat Provinsi 
    Pangdam IV/Diponegoro Sambut Kunjungan Presiden Jokowi di Boyolali 
    Peringati HDKD ke 77 Lapas Karanganyar Ikuti Kegiatan Bersih - Bersih Tempat Ibadah di Pulau Nusakambangan 
    Sambut HDKD KE-77, Lapas Puwokerto Bersih-Bersih Tempat Ibadah

    Ikuti Kami