Laksanakan Litmas, PK Bapas Nusakambangan Tegaskan Beberapa Hal Kepada Warga Binaan

    Laksanakan Litmas, PK Bapas Nusakambangan Tegaskan Beberapa Hal Kepada Warga Binaan
    Laksanakan Litmas, PK Bapas Nusakambangan Tegaskan Beberapa Hal Kepada Warga Binaan

    CILACAP - Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Bapas Kelas II Nusakambangan melaksanakan Penelitian Kemasyarakatan (Litmas) ke Lapas Kelas IIB Cilacap. Kegiatan Litmas dilaksanakan untuk menindaklanjuti surat dari Kepala Lapas Kelas IIB Cilacap sekaligus untuk memenuhi hak dari warga binaan pemasyarakatan, jum'at (05/08/2022).

    Litmas menurut Pasal 1 angka 14 Permenkumham No. 35 Tahun 2018 yaitu “Penelitian Kemasyarakatan yang selanjutnya disebut Litmas adalah kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif dalam rangka penilaian untuk kepentingan Pelayanan Tahanan, Pembinaan Narapidana, dan Pembimbingan Klien”.

    KAMPAI.CO.ID
    market.biz.id KAMPAI.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Salah satu warga binaan Lapas Kelas IIB Cilacap yang diwawancarai oleh petugas PK Bapas Kelas II Nusakambangan yaitu CL. CL merupakan warga binaan Lapas Kelas IIB Cilacap yang dipidana karena melakukan tindak pidana melanggar Undang-Undang Kesehatan.

    Perlu diketahui, CL merupakan warga binaan yang telah memenuhi syarat diajukan untuk mendapatkan program Pembebasan Bersyarat.

    Nasi Goreng Campur
    market.biz.id Nasi Goreng Campur
    60% Rp 3.000
    Beli sekarang!

    Pembebasan Bersyarat merupakan salah satu hak warga binaan pemasyarakatn sesuai dengan ketentuan pada Pasal 10 UU No. 22 tahun 2022. Untuk memperoleh hak Pembebasan Bersyarat, warga binaan pemasyarakatan harus memenuhi beberapa persyaratan yaitu: Pasal 10 ayat (2): Persyaratan tertentu sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi: a. berkelakuan baik; b. aktif mengikuti program Pembinaan dan c. telah menunjukkan penurllnan tingkat risiko.

    Selain tiga syarat diatas, terdapat persyaratan lain pada Pasal 10 ayat (3) yang berbunyi “Selain memenuhi persyaratan tertentu sebagaimana dimaksud pada ayat (2), bagi Narapidana yang akan diberikan cuti menjelang bebas atau pembebasan bersyarat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf e dan huruf f juga harus telah menjalani masa pidana paling singkat 213 (dua pertiga) dengan ketentuan 2/3 (dua pertiga) masa pidana tersebut paling sedikit 9 (sembilan) bulan”.

    PK Bapas Kelas II Nusakambangan, Yashinta, mengatakan dalam melaksanakan wawancara Litmas Pembebasan Bersyarat, menegaskan kepada CL untuk tetap mematuhi kewajibannya apabila nanti program Pembebasan Bersyaratnya di setujui.

    “Saat nanti program PB sudah disetujui, saya harap mas CL tetap mengerjakan kewajibannya sebagai Klien Bapas, Karena pada dasarnya, program Pembebasan Bersyarat nanti status mas CL masih berada dibawah naungan Bapas, sehingga saya harap tetap mematuhi peraturan sebagai Klien Bapas, ” ujar Yashinta, PK Bapas Nusakambangan.

    NEWSPAPER.CO.ID
    market.biz.id NEWSPAPER.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Kepdirjen PAS) nomor PAS-09.PR.01.02 tahun 2016. Kewajiban Klien pemasyarakatan: a. Kewajiban untuk melapor selama pembimbingan. b. Kewajiban melaksanakan bimbingan dengan penuh tanggung jawab. c. Kewajiban menaati peraturan dan program bimbingan. d. Kewajiban melaporkan apabila terjadi perubahan alamat. e. Kewajiban melapor apabila terjadi ancaman selama pembimbingan. f. Kewajiban senantiasa tetap komunikasi dan koordinasi selama masa bimbingan dan masa percobaan selesai.

    Selain kewajiban tersebut diatas, Klien Pemasyarakatan juga memiliki larangan selama menjalani program Pembebasan Bersyarat yaitu: a. Tidak melakukan pelanggaran hukum lagi. b. Hidup secara tidak teratur dan menimbulkan keresahan dalam masyarakat. c. Malas bekerja. d. Tidak mengikuti/mematuhi program pembimbingan yang ditetapkan oleh Pembimbing Kemasyarakatan. e. Pindah alamat/tempat tinggal tanpa melapor pada Pembimbing Kemasyarakatan/petugas Bapas yang membimbing.

    JURNALNASIONAL.CO.ID
    market.biz.id JURNALNASIONAL.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Setelah mendapatkan penjelasan mengenai kewajibannya sebagai Klien Pemasyarakatan oleh PK Bapas Nusakambangan, CL berkomitmen ketika nanti menjalani program Pembebasan Bersyarat dapat menjalankan kewajibannya dengan baik.

    Menutup wawancara Litmas, Yashinta berpesan kepada CL, “Memang larangan dan kewajiban sebagai Klien cukup banyak, namun jika memang benar-benar niat untuk berubah jadi baik, semua itu harus dipatuhi”.

    (N.Son/***)

    jawa tengah cilacap pk bapas nusakambangan pulau nusakambangan kemenkumham jateng kumham pasti lapas cilacap
    Narsono Son

    Narsono Son

    Artikel Sebelumnya

    Lapas Karanganyar Nusakambangan Ikuti Kuliah...

    Artikel Berikutnya

    Bapas Nusakambangan Hadiri Stakeholder Day...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Syafruddin Adi

    Syafruddin Adi verified

    Postingan Bulan ini: 205

    Postingan Tahun ini: 3159

    Registered: Apr 8, 2021

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 156

    Postingan Tahun ini: 2326

    Registered: May 25, 2021

    Narsono Son

    Narsono Son verified

    Postingan Bulan ini: 88

    Postingan Tahun ini: 622

    Registered: Jul 9, 2020

    Siswandi

    Siswandi verified

    Postingan Bulan ini: 64

    Postingan Tahun ini: 714

    Registered: Jul 11, 2020

    Profle

    Narsono Son verified

    Ketua Terpilih IPKEMINDO Jateng, Wujudkan PK Berintegritas Untuk Indonesia Bangkit
    Berjuang Jadi Pejabat Keimigrasian, 7 ASN Kemenkumham Jateng Ikuti Ujian Tertulis
    Kakanwil Kemenkumham Jateng Ajak Jajarannya Sosialisasikan RKUHP
    Kakanwil Kemenkumham Jateng Kukuhkan 10 Guru Kekayaan Intelektual

    Rekomendasi

    Lapas Pasir Putih Kerjasama dengan Puskesmas Cilacap Selatan I Laksanakan Giat VCT Bagi WBP
    Berlangsung Sengit, Darul Amanah FA Kendal Raih Juara Ke-3 Liga Santri PSSI Piala Kasad Tingkat Provinsi 
    Pangdam IV/Diponegoro Sambut Kunjungan Presiden Jokowi di Boyolali 
    Peringati HDKD ke 77 Lapas Karanganyar Ikuti Kegiatan Bersih - Bersih Tempat Ibadah di Pulau Nusakambangan 
    Sambut HDKD KE-77, Lapas Puwokerto Bersih-Bersih Tempat Ibadah

    Ikuti Kami